MOTIVASI
Tanggal: Minggu, 16 Pebruari 2014
Topik: Berita


KEGIATAN DISKUSI DAN BERBAGI PENGALAMAN DARI ALUMNI PSBR DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENERIMA MANFAAT (PM)DI PSBR RUMBAI PEKANBARU ANGKATAN 68 TAHUN 2014


oleh : Budi Prayitno

Bertempat di ruang bimbingan sosial PSBR Rumbai Pekanbaru, Kamis, 13 Februari 2014, dua orang alumni PSBR Rumbai, menjadi motivator dalam kegiatan peningkatan motivasi belajar bagi PM di PSBR Rumbai Pekanbaru angkatan 68 tahun 2014. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam, dimulai pukul 14.00 wib sampai dengan pukul 15.30 wib.

Kegiatan peningkatan motivasi belajar bagi PM angkatan 68 ini diadakan dengan beberapa tujuan, diantaranya : (1) sebagai ajang silaturahmi antara alumni dengan pembina, PM, dan keluarga besar PSBR Rumbai Pekanbaru; (2) sebagai sarana berbagi pengalaman, antara alumni dengan PM yang tengah mengikuti kegiatan pelayanan di PSBR Rumbai Pekanbaru. Diharapkan, melalui kegiatan ini akan semakin mempererat tali silaturahmi antara alumni dengan keluarga besar PSBR, dan menambah wawasan dan pengalaman PM yang sedang belajar, sehingga semakin meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti setiap kegiatan yang telah dijadwalkan di PSBR Rumbai Pekanbaru.



Kegiatan dimulai dengan penyampaian informasi singkat mengenai tujuan diadakan kegiatan ini kepada PM, yang disampaikan oleh Koordinator Pekerja Sosial, Bapak Hendry Suyanto. Selanjutnya, diperkenalkan dua orang alumni yang menjadi motivator dalam kegiatan ini. Kedua orang alumni tersebut merupakan alumni angkatan 58 tahun 2009 dari jurusan Tata Rias. Mereka adalah Siti Aisyah, yang berasal dari Kota Pekanbaru, dan Noni Marina yang berasal dari Kabupaten Bengkalis.

Siti Aisyah kemudian membagikan pengalamannya kepada PM angkatan 68. Dimulai dari ketika ia masuk sebagai PM di PSBR Rumbai. Saat itu ia hanya memiliki ijazah SMP, dan belum memiliki keterampilan apa pun. Di PSBR Rumbai Pekanbaru, ia merasa sangat beruntung, karena mendapat pengalaman untuk belajar ilmu tata rias, baik secara teori maupun praktik. Di samping itu, ia pun mendapat arahan dan motivasi dari pembina untuk terus belajar secara formal, melalui pendidikan kesetaraan Paket C (setara SMA). Setelah tamat dari PSBR, Siti Aisyah mendapat kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan pengalamannya, dengan bekerja di Salon Oscardo yang berada di Kabupaten Siak. Siti Aisyah pun mendaftar ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk mengikuti pendidikan kesetaraan Paket C. Setelah menamatkan pendidikan kesetaraan Paket C tersebut, Siti Aisyah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu melanjutkan kuliah di Universitas Islam Riau, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Negara. Sambil kuliah, ia tetap mengembangkan kemampuannya dengan bekerja di salon yang ada di Kota Pekanbaru. Alhamdulillah, akhir Januari 2014 ini, ia telah menyelesaikan sidang skripsinya. Insya Allah, bulan Mei mendatang ia akan diwisuda sebagai Sarjana Sosial.

Sedangkan Noni Marina, berkisah juga tentang pengalamannya yang tak kalah seru selama di PSBR Rumbai Pekanbaru. Menurutnya, pada awal berada di PSBR, ia merasa kurang betah karena selalu ingat orang tua dan merasa kurang bebas. Seiring berjalannya waktu, dengan bimbingan keluarga asuh, ibu Irniyati Samosir, dan kebersamaan dari teman-teman satu asrama, ia menjadi lebih betah dan bersemangat untuk mengikuti semua kegiatan. Kegiatan yang relatif bebas yang bersifat hura-hura, yang ia lakukan sebelum masuk PSBR, dapat digantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, melalui kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan, serta aktivitas pengisian waktu luang selama di PSBR, misalnya kegiatan olahraga, kesenian, dan lainnya. Setelah tamat dari PSBR, Noni bekerja di Salon Oscardo, bersama-sama dengan Siti Aisyah. Setelah dirasa mendapat cukup pengalaman, Noni kembali ke kampung halamannya, di Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis. Di sini, ia bekerja di salon yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Di sini, ia pun menyelesaikan pendidikan kesetaraan Paket C. Tahun 2014 ini, Noni dengan dukungan keluarga, berencana untuk membuka salon di Sungai Pakning, yang dikelola secara mandiri.

Setelah kedua orang alumni menyampaikan pengalamannya, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab, dari PM angkatan 68 kepada alumni. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Budi Prayitno. PM angkatan 68 cukup antusias dalam mengajukan pertanyaan, guna menimba ilmu dan pengalaman dari alumni. Nurmarina, PM yang berasal dari Kabupaten Rokan Hilir, meminta tips dari alumni, bagaimana caranya mengatasi rasa malas yang terkadang datang untuk mengikuti kegiatan. Siti Aisyah membagi tipsnya, untuk menghilangkan rasa malas yang terkadang datang, kita harus berjuang untuk melawannya, dengan cara melakukan aktivitas yang positif, dengan tidak menunda atau menumpuk suatu pekerjaan. Kemudian, dalam diri kita juga harus ditanamkan, bahwa kegiatan yang telah dijadwalkan adalah aktivitas yang pasti membawa kebaikan bagi diri kita sendiri.

Sementara itu, Aldi Akbar yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir menanyakan tentang bagaimana kondisi PM pada angkatan 58 tahun 2009 yang lalu. Noni Marina memberikan gambaran, bahwa PM angkatan 58 yang lalu, semangat kebersamaan dan kekeluargaannya sangat terasa. Kekompakan antar PM, maupun dengan keluarga asuh dan pembina lainnya, yang membuat Noni menjadi betah di PSBR. Kebersihan dan kerapian diri pribadi dan lingkungan, menjadi kebiasaan positif yang terus terbawa sampai sekarang. Untuk semua PM laki-laki, rambut harus selalu dipotong rapi, begitu juga dengan kebersihan diri pribadi lainnya.

Ahmad Effendi yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu, menanyakan pengalaman berkesan apa saja yang dilakukan alumni sebagai PM di PSBR. Pengalaman paling berkesan yang dirasakan Siti Aisyah sebagai PM di PSBR, adalah ketika ia menjadi orang pertama yang bisa melakukan smoothing dengan baik dan benar, pada saat praktik keterampilan di jurusan tata rias. Pengalaman ini semakin memotivasi dirinya untuk belajar lagi dengan lebih baik. Sedangkan Noni Marina merasakan pengalaman yang berkesan sealama menjadi PM adalah ketika ia mendapatkan sahabat satu asrama yang penuh pengertian, selalu bersama dalam suka dan duka. Dan persahabatan itu terus terpelihara sampai sekarang.

Seorang PM yang berasal dari Provinsi Jambi, Ferdiansyah, menanyakan tentang bagaimana cara agar dapat lebih percaya diri dalam bekerja. Kedua orang alumni memberikan pesan, agar lebih percaya diri dalam dunia kerja, kita harus yakin pada kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Yakin bahwa kita memiliki potensi yang dapat terus dikembangkan. Untuk itu, selama di PSBR, ikutilah semua kegiatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Pada saat bimbingan sosial, berlatihlah untuk menjadi seseorang yang memiliki kemampuan untuk beretika, menghargai orang lain bagaimanapun kondisinya. Dari bimbingan keterampilan, ikutilah praktik dengan sungguh-sungguh, sehingga kita memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang dapat kita gunakan pada saat bekerja nanti. Bila masih ada hal-hal yang belum dimengerti, jangan sungkan dan malu untuk bertanya pada instruktur dan pembina. Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, ditambah dengan kebiasaan kita yang baik kepada orang lain, maka kita akan dapat diterima dengan baik di dunia kerja. Kita dapat lebih percaya diri untuk bersaing di dunia kerja yang ada di masyarakat. Kegiatan diskusi dan berbagi pengalaman dari alumni kepada PM angkatan 68 ini diakhiri dengan kesimpulan yang disampaikan oleh Bapak Hendry Suyanto, bahwa untuk menjadi sukses kita harus memiliki niat yang baik, mau belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh, serta selalu berupaya untuk memperbaiki diri. Diucapkan terima kasih kepada kedua orang alumni yang telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman dengan PM angkatan 68. Semoga dapat bersilatuhmi kembali di lain kesempatan. Dan semoga kegiatan ini memberikan motivasi kepada PM angkatan 68 untuk selalu mengikuti aktivitas di PSBR Rumbai dengan penuh semangat dan kesungguhan…. (dhie).







Artikel dari BRSAMPK RUMBAI DI PEKANBARU
http://rumbai.kemsos.go.id

URL:
http://rumbai.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=139